Beberapa Tsunami Paling Dahsyat Yang Pernah Terjadi

Tsunami Terdahsyat - Tsunami yang mengakibatkan kerusakan yang tak terkira bagi daerah yang dilanda. Tsunami adalah gelombang laut yang tinggi, biasanya tercipta karena adanya pergeseran tanah di bawah laut, gempa bumi atau bisa juga karena erupsi gunung berapi. Berikut beberapa Tsunami Terdahsyat yang pernah terjadi.


Santorini - 1642-1540 SM




Tsunami berikut ini terjadi ribuan tahun lamanya, diperkirakan terjadi pada 1642-1540 sebelum Masehi. Tsunami Minoan, Minoan Erupsi atau Santorini Erupsi, bencana ini berhasil menghancurkan Pulau Crete yang notabene merupakan pulau terbesar yang masih bagian dari Yunani. Kalian tak menyangka bencana alam yang terjadi ribuan tahun yang lalu ini bisa masuk ke dalam daftar ini ya?

Erupsi yang terjadi ini adalah pemicu terjadinya sebuah tsunami besar yang efeknya sangat merusak. Tsunami ini yang bertanggung jawab atas hancurnya peradaban Minoan yang tinggal di Pulau Crete. Akibat tsunami tersebut, seluruh rumah hancur dan korban jiwa yang jatuh sekitar 30.000 sampai 100.000.


Tohoku - 11 Maret 2011



Sekitar 7 tahun lalu, Jepang mengalami bencana tsunami mengerikan yang banyak memakan korban. Tanggal 11 Maret 2011 adalah tanggal dimana bencana tsunami mengerikan tersebut terjadi. Sebelum terjadi tsunami, sebuah gempa bumi berkekuatan 9,1 SR terjadi di tepi pantai Jepang. Dengan kekuatan sebesar itu, getaran gempa sampai terasa di beberapa negara sekitar Jepang.

Tsunami yang menyerang Jepang saat itu dianggap sebagai salah satu tsunami mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah manusia. Bayangkan saja, gelombang air setinggi 40 meter menelan sejumlah area beserta isi-isinya. Ribuan jiwa melayang dan ratusan ribu bangunan hancur. Tsunami tersebut juga mengakibatkan kebocoran zat radioaktif di Fukushima Daiichi Nuclear Power Plant.




Beberapa ratus tahun yang lalu, Portugal mengalami bencana tsunami parah yang menghancurkan ibukotanya, Lisbon. Bencana tsunami tersebut diberi nama Tsunami Lisbon, Great Lisbon Earthquake atau The Disaster at Lisbon, terjadi tepat pada 1 November 1755. Seperti yang sudah kalian duga, gempa bumi adalah penyebab utama terjadinya tsunami.

Tepat pada tanggal 1 November 1755, sebuah gempa bumi besar melanda ibukota Portugal, Lisbon. Gempa bumi tersebut memiliki kekuatan 9 SR. Akibat gempa tersebut, bangunan tinggi runtuh dan membuat warga panik. Belum selesai, 40 menit setelahnya, terjadi tsunami yang menyapu bersih kota Lisbon. Tsunami setinggi 30 meter mengakibatkan kematian sebanyak 70.000 jiwa di Portugal, Spanyol, dan Moroko.


Aceh - 26 Desember 2004



Orang Indonesia tak akan pernah lupa dengan apa yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Sebuah tsunami raksasa menyapu bersih kota Aceh. Akibat dari tsunami ini, setidaknya 225.000 jiwa melayang, termasuk di dalamnya warga lokal dan turis turut tersapu air. Belum lagi banyaknya bangunan yang hancur juga oleh bencana tsunami tersebut.

Tentu terjadinya tsunami itu tidak tiba-tiba. Sebelum terjadi tsunami, terjadi gempa bumi lebih dulu. Gempa bumi berkekuatan 9,1 SR terjadi di bawah laut Pulau Sumatra. Gempa bumi ini mengakibatkan terciptanya ombak tsunami yang menyerang Aceh. Gempa bumi ini sendiri turut dirasakan di beberapa negara lain seperti Bangladesh, India, Singapura, Srilanka, Thailand, Malaysia, dan Maldive.


Arica - 13 Agustus 1868



Arica adalah kota pelabuhan yang terletak di Utara dari Chile. Tepat pada 13 Agustus 1868, kota pelabuhan dirudung duka akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang membuat jatuhnya banyak korban jiwa. Tak lupa ditambah hancurnya bangunan yang ada di kota tersebut. Inilah bencana tsunami paling mengerikan sepanjang sejarah.

Sebelum terjadi tsunami, gempa bumi berkekuatan 8,5-9 SR menyerang kota Arica. Gempa bumi tersebut kemudian memicu terjadinya tsunami di Samudra Pasifik yang akhirnya membunuh ratusan jiwa dan menghancurkan desa serta kota di sekitarnya. Tsunami tersebut juga menghancurkan seluruh kapal yang sedang berlabuh di Arica.


Baca Juga :


Post a Comment

0 Comments