Inilah 5 Negara Terkecil di Dunia

Negara Terkecil - Di dunia ini terdapat lebih dari 200 negara yang menempati. Di antara beberapa negara tersebut terdapat beberapa negara dengan luas yang sangat minim untuk sebuah negara. Berikut ini lima negara terkecil di dunia.


San Marino



San Marino adalah republik tertua di dunia, yang telah berdiri sejak 301 M. Konstitusinya diberlakukan pada tahun 1600, dan juga jadi tertua di dunia yang masih berlaku. Namun, negara ini hanya memiliki luas 61 km persegi yang dikelilingi Italia, dengan penduduk 35.537 jiwa. Meski begitu, mereka masuk negara terkaya di dunia melalui industri wisata dan tekstil.


Tuvalu



Terdiri dari lima atol dan empat pulau berpenduduk 11.359 jiwa, negara kepulauan ini pun hanya memiliki luas 26 km persegi. Titik tertinggi di Tuvalu yang beribukotakan Funafuti ini hanya 4,5 meter dari permukaan laut, tepat di Samudera Pasifik, Oceania, berada di timur laut Australia. Orang-orang yang berkunjung ke negara ini biasanya datang untuk berbisnis.

Nauru



Tak hanya jadi negara terkecil di Oceania, Nauru juga merupakan negara kepulauan terkecil di dunia dengan luas hanya 21 km persegi dan jumlah penduduk 9.540 jiwa. Namun, dulunya negara ini terkenal sebagai penghasil fosdat utama dunia pada 1960-1970. Sayang, sumber daya alam itu kini sudah habis, yang mengakibatkan 90 persen penduduknya menganggur.


Monako



Luasnya hanya 2 km persegi saja. Namun, ada 30.645 jiwa yang menghuni Monako, sehingga menjadikannya sebagi salah satu tempat terpadat dunia. Berada di sisi selatan Prancis yang berbatasan langsung dengan negara tersebut dan Laut Mediterania, Monako memang jadi tujuan favorit bagi miliarder dunia, karena merupakan pusat perjudian dan barang mewah.


Vatikan



Inilah negara terkecil di dunia, sekaligus memiliki penduduk paling sedikit di dunia. Vatikan hanya seluas 0,44 km persegi dengan jumlah penduduk 1.000 jiwa. Letaknya sepenuhnya di dalam wilayah kota Roma, ibukota Italia. Namun, negara ini selalu ramai dikunjungi orang, karena menjadi pusat ajaran Katolik sedunia yang dipimpin Uskup Agung Roma, yakni Paus.


Baca Juga :

Post a Comment

0 Comments