Beberapa Barang Antik Termahal di Dunia

Barang Antik - Semakin tua umur sebuah benda yang memiliki nilai histori maka semakin mahal pula harganya. Apalagi barang tersebut hanya ada satu-satunya di dunia ini. Meskipun para pengrajin seni bisa membuat replika yang sama atau bahkan lebih bagus dari benda yang asli tapi harganya tentu saja sangat jauh dari benda yang asli.

Para kolektor barang-barang antik saling berebut untuk memiliki barang-barang langka ini. Mereka tidak segan-segan membelinya dengan harga selangit. Karena, rata-rata mereka adalah orang-orang yang memiliki uang berlimpah. Berikut beberapa barang antik termahal :


Tiara Putri Katharina Henckel - $ 12.1 juta



Tiara berlian dan zamrud yang indah ini dulunya dimiliki oleh Putri Katharina Henckel von Donnersmarck, dan diserahkan pada penobatannya. Tiara ini bertatahkan 11 batu zamrud Colombia langka yang tak ternilai harganya dengan berat lebih dari 500 karat. Benda antik ini dilelang dengan harga $ 12.1 juta (Rp 160.9 M) di Jenewa, pada acara Sotheby's Magnificent and Noble Jewels Sale.



Bejana Emas Tripod Dinasti Ming - $ 14.2 juta



Ini adalah salah satu barang antik dengan harga paling tinggi dan dengan bentuk paling menawan di dunia. Bejana Emas berkaki tiga ini terbuat dari emas 18 karat dan dibuat pada Dinasti Ming, tepatnya selama periode Xuande. Harganya diperkirakan mencapai $ 14.2 Juta (Rp 188.9 M). Bejanan ini dihiasi dengan permata cabochon, rubi, mutiara alami, safir, dan mata kucing chrysoberyl.


Vas bulat keramik berwarna merah muda, biru, dan putih - $ 15.1 juta


Vas bulat kuno berbentuk labu yang berasal dari abad ke-18, namun membawa nuansa alam abad ke-15. Dicat dengan warna merah muda, biru ,dan putih, di atas permukaan yang sangat halus. Menariknya, vas ini memiliki tanda 6 karakter Qianlong. Pada bagian samping vas tertulis 1736-1795. Vas ini memiliki 2 phoenix dan mutiara menyala.

Barang antik serupa bisa ditemukan di Museum Seni Matsuoka di Tokyo. Namun, replika itu tidak membuat harga vas yang asli menjadi turun. Vas bulat keramik (moon flask) ini dijual di Sotheby's di Hong Kong, pada tahun 1987 dengan harga $ 15.1 juta (Rp 200.8 M).

The Oliphant - $ 16.1 juta


Benda antik ini berasal dari abad ke-11. Percaya atau tidak, tanduk pernah digunakan dalam pertempuran. Namun, hingga saat ini tak pernah hilang keindahan dan keasliannya. Sebagai penggemar barang antik, Anda pasti bisa merenungkan bagaimana tanduk ini dirancang dan dibuat dengan tangan. Harga tanduk mewah ini diperkirakan $ 16.1 juta (Rp 214.1 M). 


Kabinet Bulutangkis - $ 28.8 juta



Butuh waktu selama 6 tahun dan 30 pengarajin untuk menyelesaikan kabinet bulutangkis ini. Kabinet Bulutangkis ini pernah dijual di sebuah pelelangan ke Pangeran Liechtenstein, dan sekarang dipamerkan di Museum Liechtenstein. Kabinet Bulutangkis 12 kaki ini dibuat pada abad ke-18. Dihiasi dengan batu-batu yang dipoles dan berwarna, termasuk permata semi mulia. Jam di bagian atas kabinet bulutangkis secara eksplisit ditandai dengan fleur-de-lis. Harga saat ini $ 28.8 juta (Rp 383 M)


Leonardo da Vinci Codex Leicester - $ 30.8 juta



Seperti namanya, buku ini ditulis oleh Leonardo da Vinci yang berisi tentang seni menggambar ilmiah. Berisi sekitar 30 jurnal dan salah satunya dinamai Earl of Leicester, yang memiliki kodeks pada tahun 1719. Buku codex ini dianggap paling terkenal dan paling mahal. Namun Bill Gate (pemiliknya saat ini) tak keberatan mengeluarkan uang sebesar $ 30.8 juta (Rp 409.6 m) untuk memilikinya. Selanjutnya, Bill Gates men-scan buku ini dan sudah tersedia dalam bentuk digital di CD.


Pinner Qing Dynasty Vase - $ 80.2 juta




Ini dia barang antik termahal di dunia yang pernah dilelang! Mari kita lihat sekilas sejarah mahakarya ini. Dinasti Qing mulai memerintah pada tahun 1740. Ada 18 vas bunga yang serupa dengan ini, tapi yang satu inilah yang tersisa. Vas Dinasti Qing dihiasi dengan emas, pastel kuning dan biru langit, dan memiliki 4 motif, ikan dan bunga. Vas ini menjadi contoh memikat dari kemurnian, kecantikan, sejarah, dan kesadaran. Anda bisa memilikinya jika Anda punya uang sebesar $ 80.2 (Rp 1.06 triliun).


Baca juga : 
Beberapa Kota Unik Di Belahan Dunia

Post a Comment

0 Comments