5 Daerah di Indonesia Yang Rentan Terjadi Tsunami


Hobi Membaca - Indonesia merupakan negara maritim yang banyak penduduknya tinggal di daerah pesisir pantai. Berikut kita akan bahas 5 Daerah di Indonesia Yang Rentan Terjadi Tsunami.

Aceh


Mengingat dahsyatnya tsunami yang melanda Aceh 2004 lalu, sampai sekarang Aceh tetap berpotensi dilanda gempa bumi besar yang dapat memicu gelombang tsunami.

Pantai Selatan Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah


Sebagian besar wilayah di sepanjang Pantai Selatan berada di zona Megathrust, zona yang berpotensi besar terjadi gempa. Gempa yang terjadi di wilayah zona Megathrust dianggap menakutkan karena sering memicu tsunami. Pangandaran adalah salah satu wilayah yang paling berpotensi terjadi tsunami.


Mentawai


Kabupaten Kepulauan Mentawai jadi wilayah di Sumatera Barat yang paling rawan terjadi tsunami. Bagaimana tidak, di wilayah ini sering terjadi rentetan gempa. Terakhir, gempa 5.0 SR mengguncang Kepulauan Mentawai meski tak berpotensi tsunami. Pada bulan Februari 2019 lalu, gempa 6,1 SR juga mengguncang Mentawai.

Sulawesi Utara


Wilayah di sisi pantai di Sulawesi Utara seperti Manado, Bitung, Sangihe dan Talaud juga rentan dilanda tsunami. Sebab wilayah Sulawesi Utara juga berada di zona Megathrust dengan kekuatan gempa yang bisa mencapai 8.5 SR. Dengan kekuatan gempa sebesar itu, potensi terjadi tsunami jauh lebih besar.

Selat Sunda


Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda pernah meletus dahsyat pada 26-27 Agustus 1883. Sekarang wilayah di Selat Sunda lebih rentan terjadi tsunai mengingat gunung Anak Krakatau sering menunjukkan aktivitas vulkanisme.

Jika Anak Krakatau sampai meletus, tak menutup kemungkinan wilayah di pesisir Selat Sunda akan disapu bersih oleh tsunami.




Post a Comment

0 Comments