Beberapa Lele Terbesar di Belahan Dunia

Lele Terbesar - Ikan lele yang sering kali kita lihat, umumnya berukuran kecil, ukurannya mungkin cuma kurang lebih telapak tangan orang dewasa saja. Tapi tahukah kamu kalau beberapa pemancing pernah menangkap ikan lele dengan ukuran tidak wajar.

Populasi ikan lele menyebar hampir diseluruh dunia seperti Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. Dari beberapa jenis tersebut ada beberapa jenis dari keluarga ikan lele yang ukurannya dapat dibilang paling besar.


Mekong Giant Catfish



Mekong Giant Catfish merupakan penghuni Sungai Mekong di Thailand. Spesies yang terancam punah ini memiliki panjang sampai 3 meter dan mampu mencapai bobot 300 kg!


Wels Catfish



Wels Catfish adalah ikan lele asli yang hidup di kawasan Eropa Tengah dan Timur, tapi karena dilepaskannya beberapa ekor di Eropa Barat, sehingga Wels Catfish bisa ditemukan juga di Spanyol sampai Inggris. Ikan Lele ini bisa mencapai hingga 2.2 meter dan berat 180 kg.

Bendungan yang dibuat di kawasan Eropa adalah lokasi favorite Wels Catfish, dikarenakan kedalaman dan luasnya perairan serta banyaknya sumber makanan. Sejak abad pertengahan, Wels Catfish digambarkan sebagai ikan yang bisa menelan manusia hidup-hidup.


Piraiba Catfish



Piraiba adalah ikan lele yang mirip ikan hiu dan berbentuk agak ramping. Panjangnya bisa mencapai 3.6 meter dan bobotnya mencapai 200 kg. Piraiba diduga pernah memangsa manusia.


Red Tail Catfish



Ikan Red Tail Catfish umumnya ditemukan di sungai-sungai negara Brasil dan Venezuela seperti Sungai Amazon, Orinoco dan Essequibo. Ikan lele jenis ini bisa mencapai panjang 2 meter dan berat 100 kg.

Ciri khas dari Red Tail Catfish yaitu ekornya yang berwarna merah dan kepalanya yang besar dengan tulang tengkorak yang cukup panjang dan keras. Walaupun ukuran ikan lele jenis ini bisa mencapai ukuran yang tidak wajar, Tapi ikan ini tidak berbahaya bagi manusia.


Goonch Catfish



Goonch adalah ikan lele yang hidup di Sungai Kali, India. Goonch merupakan salah satu Ikan Lele Terbesar yang dianggap paling berbahaya. Panjangnya bisa mencapai hingga 2 meter dan beratnya bisa mencapai 75 kg, Goonch juga mempunyai gigi yang tajam. Dalam beberapa kasus, ikan ini dilaporkan memangsa manusia dan memakan mayat manusia yang dihanyutkan di sungai di India.




Baca Juga :

Post a Comment

0 Comments