Penjara Atau Hotel ?

Penjara Termewah - Banyaknya prilaku kriminal membuat bertambahnya penjara. Salah satu tujuan dimasukannya para kriminal pelaku kejahatan ke penjara adalah untuk memberikan efek jera agar setelah bebas mereka tidak akan melakukan kejahatan yang bisa membuat mereka kembali ke penjara tersebut.

Tapi, ada beberapa penjara yang justru kebalikan dari penjara pada umumnya, dimana di penjara-penjara ini memiliki fasilitas yang layaknya seperti hotel berbintang. Lantas, penjara apa saja yang paling mewah di dunia? berikut ulasannya


Penjara Santa Ana di California



Penjara Santa Ana di California, Amerika Serikat dengan gedung minimalisnya yang terlihat seperti apartemen VIP, dimana di penjara ini narapidana di fasilitasi dengan baik, memadai, dan ruangan bersih.

Di penjara ini para narapidana menempati sel yang cukup luas dan memberikan kebebasan untuk mengakses alat-alat elektronik yang meraka miliki. Selain itu, penjara ini juga memiliki fasilitas lainnya seperti ruang TV, perpustakaan, dan sarana olahraga.

Tapi, karena penjara Santa Ana mempunyai ruangan yang terbatas, jadi jika kalau mau menikmati semua fasilitas di penjara ini, narapidana tersebut akan dikenakan biaya sekitar 75 sampai 175 dolar Amerika Serikat. Ini penjara atau hotel ya?


Leoben Justice Centre di Steiermark, Austria




Penjara Leoben Justice Centre di Steiermark, Austria, dimana banyak orang menganggap penjara yang juga berfungsi sebagai pengadilan ini adalah penjara bintang lima.

Sebab, gedung dan fasilitas yang dimiliki penjara hasil kreasi arsitek Josef Hohensinn ini memang tidak kalah dengan yang dimiliki gedung dan fasilitas hotel berbintang pada umumnya dan narapidana bisa mengunakan fasilitas-fasilitas keren di penjara ini.

Sejauh ini, penjara Leoben Justice Centre terkenal sebagai penjara yang selalu memperlakukan narapidana dengan baik, karena mereka percaya, narapidana akan menjadi lebih baik kalau diperlakukan dengan baik tanpa harus tertekan dengan kehidupan di dalam penjara.


Penjara Halden di Norwegia



Penjara termewah di dunia selanjutnya yaitu Penjara Halden, dimana penjara yang berada di negara Norwegia ini tidak terlihat sama sekali seperti penjara pada umumnya yang terkesan kumuh dan menakutkan.

Penjara Halden ini merupakan penjara terbaik di negara Norwegia dengan fasilitas hiburan yang cukup memadai seperti ruang TV, perpustakaan yang nyaman, dan kamar mandi yang bersih serta penjara ini juga memberikan fasilitas khusus untuk keluarga narapidananya.


Salah satu alasan dibangun penjara ini begitu mewah yaitu untuk mencegah para narapidana kabur, karena di penjara ini terdapat beberapa penjahat sadis asal Norwegia dan mereka memberikan hak dan fasilitas yang baik sebagai manusia dengan harapan dia bisa berubah.


Penjara Otago di Selandia Baru



Penjara Otago berada di Otago Selatan, Selandia Baru, dimana penjara ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa memanjakan seluruh narapidananya seperti pemanas lantai, ruangan membaca, dan setiap dinding penjara dilengkapi TV layar datar.

Selain itu, di penjara yang bisa menampung 335 narapidana ini juga ada arena khusus untuk olahraga dan gym. Hebatnya lagi, narapidana di penjara ini diberikan beberapa pelajaran seperti memasak, lighting engineering sampai bertani.


Penjara Sollentuna di Swedia



Penjara Sollentuna merupakan penjara termewah di Swedia, dimana di penjara ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti lemari, kasur, dapur, televisi, tempat gym, dan semua narapidana bisa menikmati semua fasilitas tersebut.

Selain itu, penjara ini juga dikenal dengan kebersihan dan kenyamanan yang memberikan kesan mewah seperti ruangan VIP di hotel berbintang.


Baca Juga :

Post a Comment

0 Comments