Beberapa Lukisan Yang Dipercaya Berhantu

Lukisan Berhantu - Setiap pelukis pasti memiliki ciri khas masing-masing untuk membuat setiap lukisannya agar terlihat hidup dan bernyawa. Terlebih lagi bila sosok atau objek yang dilukisnya adalah sosok manusia, hewan, atau sosok mahkluk hidup lainnya.

Selain itu, tidak sedikit juga pelukis yang suka membuat lukisan yang terlihat menyeramkan, bahkan beberapa diantaranya dikatakan berhantu. Lantas, lukisan apa saja yang berhantu? Penasaran? Berikut ulasannya


The Crying Boy


Lukisan The Crying Boy adalah karya pelukis asal Italia bernama Bruno Armadio. Dalam lukisan tersebut, terlihat seorang anak yatim piatu yang ditinggalkan orangtuanya dalam sebuah tragedi kebakaran.

Mirisnya, setelah lukisan ini diproduksi secara massal, anak dalam lukisan tersebut dikabarkan meninggal dunia dalam sebuah tragedi ledakan yang disusul dengan terbakarnya studio Bruno Armadio, si pembuat lukisan.

Sejak itulah muncul mitos tentang kutukan yang menyebutkan bahwa lukisan The Crying Boy adalah lukisan berhantu, seperti yang pernah diberitakan “The Sun”, dikatakan sebuah rumah di Rotherham, South Yorkshire, terbakar sebab memasang lukisan ini. Anehnya lukisan tersebut tidak ikut terbakar dan tanpa cacat sedikitpun.


Lukisan Oei Hui Lan


Oei Hui Lan adalah putri kesayangan pengusaha gula asal Semarang yaitu Oei Tiong Ham, dimana kekayaannya sangat terkenal di seluruh Asia, bahkan sampai ke Eropa. Oei Hui Lan menikah dengan seorang duta besar Tiongkok yang bernama Wellington Koo.

Pada tahun 1992, Oei Hui Lan meninggal dunia diusianya yang ke 93 tahun. Sebelum meninggal, Oei Hui Lan pernah menulis sebuah buku yang berjudul “No Feast Last Forever” yang menceritakan tentang perjalanan hidup yang sangat luar biasa.

Salah satu peninggalan Oei Hui Lan yang terkenal yaitu lukisan dirinya sendiri yang sekarang ada di Hotel Tugu, Malang. Sejauh ini belum ada yang tahu siapa pelukisnya, tapi yang jelas lukisan tersebut lumayan menyeramkan.

Konon katanya, siapapun yang menatap mata Oei Hui Lan di lukisan tersebut, maka Oei Hui Lan akan mengunjungi orang tersebut di kamarnya.


Lukisan The Hand Resist Him


The Hand Resist Him atau disebut juga dengan eBay Haunted Painting merupakan lukisan karya Bill Stoneham yang dibuatnya pada tahun 1972. Dalam lukisan tersebut, terlihat seorang anak kecil yang sedang berdiri di depan pintu kaca bersama bonekanya.

Menurut Bill Stoneham, anak kecil dalam lukisan tersebut adalah dirinya sendiri saat masih berusia 5 tahun, pintunya adalah pemisah dunia mimpi dan dunia nyata, dan bonekanya adalah pemandu atau pengawal anak kecil tersebut, sedang tangan yang menempel dikaca adalah bentuk kehidupan lain.

Pada tahun 2000, lukisan ini pernah di jual di eBay. Konon katanya, lukisan ini adalah lukisan berhantu, dan siapapun yang melihat langsung lukisan ini akan bergidik, sakit, bahkan bisa sampai pingsan tanpa sebab.


Lukisan The Scream


The Scream adalah salah satu lukisan berhantu karya pelukis asal Norwegia yang bernama Edvard Munch. Biarpun dianggap sebagai lukisan berhantu, tapi lukisan ini sudah banyak menjadi sumber inspirasi pelukis lainnya.

Banyak orang menganggap lukisan ini merupakan salah satu karya Edvard Munch paling penting, dan ada juga orang yang mengatakan lukisan ini melambangkan kehidupan manusia modern yang mencekam, sebab diserang rasa cemas dan khawatir yang berlebihan.

Lantas, kenapa lukisan ini dikatakan lukisan berhantu? Konon katanya, jika melihat lukisan ini terlalu lama kamu akan seolah-olah melihat anak kecil yang berteriak ketakutan seperti melihat sosok yang menyeramkan.


Lukisan Diomedes Devoured


Lukisan karya dari pelukis Gustavo Moreau ini mengambarkan makhluk mitologi Yunani kuno berbentuk kuda sedang memakan manusia.

Lukisan ini menceritakan mengenai Hercules (manusia setengah dewa Yunani) yang ditugaskan mencuri 4 kuda, dimana kuda-kuda tersebut adalah kuda pemakan manusia. Akhir ceritanya si pemilik kuda kuda tersebut dimakan oleh kudanya sendiri.

Berdasarkan penuturan banyak pengunjung museum, setelah memperhatian lukisan ini selalu merasa gelisah, dan malam harinya selalu mimpi buruk.


Baca Juga :

Post a Comment

0 Comments